Pengetahuan only

WELCOME TO MY BLOG

HOPEFULLY CAN HELP YOU


Jumat, 15 April 2011

KOMUNIKASI DAN KOORDINASI PEMERINTAHAN

KOMUNIKASI DAN KOORDINASI PEMERINTAHAN

Pengertian
       komunikasi dan koordinasi pemerintahan adalah komunikasi dan koordinasi di sektor pemerintahan
       Komunikasi:penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain
       Koordinasi:coordination as the achievement of orderly group efforts, and unity of action in pursuit of common purpose.
       William F. Glueck berpendapat komunikasi dapat dibagi dalam dua bagian utama:
1.       interpersonal communication, pertukaran informasi/pesan antara 2 orang atau lebih dalam suatu kelompok kecil manusia
2.       organizational communication, penyampaian informasi dan pengertian kpd anggota organisasi dan terhadap pribadi-pribadi dan lembaga lain diluar organisasi

Fungsi komunikasi:
mencapai pengertian satu sama lain,membina kepercayaan,mengkoordinir tindakan,merencanakan stategi,melakukan pembagian pekerjaan,melakukan aktivitas kelompok(Erliana:2005) fungsi yang lain mengarahkan tindakan,mendorong pelaksanaan kegiatan dan melaksanakan keputusan.
Ø  Fungsi komunikasi dlm organisasi(Robbin:1996) : Fungsi pengawasan,motivasi,pengungkapan emosional dan fungsi informasi

TUJUAN KOMUNIKASI
Ø  Barlo(dalam Erliana:2005) berpendapat tujuan komunikasi secara umum adalah informative, persuasive, entertainment dan yg bersifat spesific adalah not logically contradictory or inconsistent whit it self;behavior centered,that is, expressed in term of human behaviors; specific enough for us to able to relate it to actual communication behavior; consistent with the ways in which people to communicate
Ø  Secara umum tujuan komunikasi adalah untuk membangun pengertian dan pemahaman bersama antara komunikator dan komunikan

PROSES KOMUNIKASI DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Ø  Secara operasional adalah proses pengiriman pesan dari komunikator kpd komunkan, hal ini dpt terjadi bak didalam organisasi maupun diluar organisasi

Komunikasi merupakan proses penyampaian isi pikiran dan perasaan kepada orang lain, di dalam suatu proses diperlukan serangkaian kegiatan timbal balik antar komunikator dengan komunikan.
Diawali oleh pengrim sumber yang berfungsi sebagai komunikator menyandikan pesan dalam bentuk lambing-lambang komunikasI (bahasa lisan, tulisan, gerak atau melalui media). Selanjutnya pesan tersebut disalurkan secara langsung maupun tidak langsung.
Pesan yang disandikan tersebut kemudian dimaknai oleh penerima pesan (komunikan) selanjutnya memberikan respon terhadap pesan yang diterima demikian seterusnya berkesinambungan  dan bergantian. Proses komunikasi tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

       Ø  unsur-unsur komunikasi :
1.       Pengirim berita (komunikasi), yaitu orang yang mengirimkan berita, informasi, atau ide kepada orang lan.
2.       Berita/pesan (message), yaitu sesuatu yang disampaikan berupa perintah, instruksi, saran, usul. Pesan hendaknya jelas bagi penerima.
3.       Penerima berita (komunikan), yaitu orang yang menerima pesan dan menangkap maksud/arti dari si pengirim berita.
4.       Prosedur atau media, yaitu sarana yang dipakai dalam menyampaikan berita, seperti sarana/media berbentuk audio (didengar), visual (dilihat) atau audiovisual (didengar dan dilihat).
5.       Reaksi atau tanggapan,yaitu respon yang diberikan oleh penerima berita terhadap pesan yang disampaikan oleh pengirim berita, sehingga timbul komunikasi dua arah.

Ø  IKLIM KOMUNIKASI: gabungan persepsi(evaluasi)mengenai peristiwa komunikasi,perilaku manusia,respon pegawai,harapan,konflik dan kesempatan bagi pertumbuhan dlm organisasi tsb.
PENTINGNYA IKLIM KOMUNIKASI, menjembatani praktek pengelolaan sumberdaya manusia dg produktivitas.iklim komunikasi organisasi terdiri dari persepsi2 atas unsur organisasi dan pengaruh unsur thdp organisasi,pengaruh ini didefinisikan,disepakati dan dikembangkan secara berkesinambungan melalui interaksi dg angg orrganisasi lainnya,pengaruh ini menghasilkan pedoman bagi pengambilan keputusan dan tindakan2 individu dan mempengaruhi pesan-pesan mengenai organisasi,
Unsur-unsur dasar organisasi,anggota organisasi,pekerjaan dalam organisasi,praktik-praktik pengelolaan,struktur organisasi dan pedoman organisasi
PERAN MANAJER  dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi yg kondusip dilakukan melalui fungsi-fungsi manajemen:perencanaan,pengorganisasian,pengarahan ,pendorongan,penganggaran,kepemimpinan,kepegawaian dan pengawasan
Ø  PARADIGMA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI:sekurang-kurangnya ada 4 paradigma dlam komunikasi organisasi yaitu paradigma manajemen ilmiah dalam studi ini kmonikasi dianggap sebagai pemberian perintah dan menjelaskan prosedur dan operasi yg hanya mengenal strktur formal organisasi dan sistem komunikasi formal;paradigma hubungan antar manusia,komunikasi merupakan salah satu alat penting manajemen dalam usaha mencapai hasil;pendekatan sistem komunikasi membuat sistem tsb vital dan tetap hidup,komunikasi akan menghubungkan berbagai bagian agar terpadu dan menhasilkanide2 baru dalam rangka pencapaian tujuan
1.       Paradigma budaya organisasi, dalam pandangan budaya,komunikasi tidak hanya sekedar pesan yg dikirim dari suatu angg ke angg lain melalui satu atau lebih saluran,akan tetapi komuniasi harus dilihat secara intergral di dalam organisasi,organisasi dibentuk oleh para perkerja beserta interaksi komunikasinya

Ø  JARINGAN KOMUNIKASI:komunikasi formal adalah komunikasi yg dilakukan diantara jabatan-jabatan dalam struktur formal,para pejabat diharuskan berkomunikasi dg cara yg sesuai dg jabatan bersangkutan.komunikasi informal adalah komunikasi yg dilakukan melalui hubungan informal diantara angg organisasi

Ø  KEPUASAN KOMUNIKASI DLM ORGANISASI
Keseluruhan kepuasan yg dirasakan pegawai dalam lingkungan total komunikasinya,kepuasan adalah suatu konsep yg biasanya berkenaan dg kenyamanan,kepuasan komunikasi berarti merasa nyaman dg pesan-pesan,media dan hubungan2 dalam organisasi,komunikasi mmemberikan andil thdp kepuasan kerja akan tetapi kepuasan kecil peranannya dalam perbaikan kinerja pekerjaan HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Ø  hambatan komunIkasi dlm bentuk gangguan:
1.       Gangguan semantik,rusaknya conten pesan komunikasi yg ditransfer kpd komunikan
2.       Gangguan mekanik,gangguan akibat saluran komunikasi atau kegaduhan yg bersifat fisik
Ø  hambatan dalam bentuk kepentingan: kepentingan menyebabkan seseorang menjadi selektif dlm menanggapi atau menghayati suatu pesan
Ø  hambatan dlm bentuk komunikasi terpendam: motive yg berbeda akan memberikan pengaruh yg berbeda dlm memberikan suatu tanggapan thd pesan
Ø  hambatan dlm bentuk prasangka: prasangka/curiga menyebabkan penentangan thd pesan-pesan komunikator

v  FAKTOR-FAKTOR YG MENUNJANG KOMUNIKASI EFEKTIF
1.       pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa shingga menarik komunikan
  1. pesan harus menggunakan lambang-lambang yg tertuju pd pengalaman yg sama antara komunikator dan komunika sehingga sama-sama mengerti
  2. pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara ut memperoleh kebutuhan tersebut
  3. pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan tadi yang layak bagi situasi kelompok di mana komunikan berada pada saat ia digerakkan untuk memberikan tanggapan yg dikehendaki
v  FEEDBACK ATAU ARUS BALIK
Komunikator menyampaikan pesan kpd komunikan. Setelah komunikan mendekode pesan yg ia terima, pada gilirannya komunikan meng-encode tanggapannya pd komunikator
Ø  Arus balik dpt bersifat LANGSUNG dan TIDAK LANGSUNG
1.       bersifat langsung terjadi pd komunikasi antar pribadi dimana komunikator dpt mendengar tanggapan komunikan secara langsung (immediate feedback)
2.       bersifat tidak langsung/tertunda, banyak terjadi di komunikasi massa

v  EFEKTIF KOMUNIKASI DITINJAU DARI KOMUNIKAN
1.       ia dpt dan benar-benar mengerti pesan komunikasi
2.       .pada saat ia mengambil keputusan, ia sadar bahwa keputusannya itu sesuai dg tujuannya
3.       .pada saat mengambil keputusan, ia sadar bahwa keputusannya itu bersangkutan dg kepentingan pribadinya
4.       .ia mampu untuk menepatinya baik secara mental maupun secara fisik

v  KOMUNIKASI EFEKTIF DITINJAU DARI KOMUNIKATOR
1.       kepercayaan pada komunikator (source credibiliy), kepercayaan pd komunikator ditentukan pd keahliannya dan dapat tidak ia dipercaya
2.       daya tarik komunikator (source attractiveness), jika komunikator ikut serta, komunikator mempunyai persamaan, jika komunikator menyesuaikan image komunikan, ia memahami kebutuhan kecakapan,pengalaman,kesulitan dan kemampuan berfikir dsb
3.        
v  PERAN KOMUNIKASI DLM ORG PEMERINTAHAN:
1.    .dalam fungsi perintah,komunikasi memberi ruang bagi bawahan ut berbicara,menerima,menafsirkan dan bertindak atas suatu perintah
2.    dalam fungsi relasi,komunikasi memperbolehkan aparatur pemerintah lainnya untuk menciptakan dan mempertahankan kualitas dan prestasi seta hub personel dg pegawai lainnya
3.    dalam fungsi manajemen ambiguity,yakni motivasi berganda yg muncul akibat kurang jelasnya tujuan organisasi

v  FAKTOR-FAKTOR YG POTENSIAL UT KEFEKTIFITAS KOMUNIKASI DLM ORGANISASI PEMERINTAHAN
1.       komunikasi atasan dg bawahan
2.       komunikasi kebawah
3.       persepsi atasan mengenai komunikasi dg bawahan
4.       komunikasi ke atas
5.       keandalan komunikasi
6.        
v  GIBSON BERPENDAPAT UT EFEKTIFNYA KOMUNIKASI PERLU DIAMBIL TINDAKAN:
1.       mengadakan tindakan langsung(following up)
2.       mengatur arus informasi(regulating information flow)
3.       memanfaatkan umpan balik(utilizing feedback)
4.       penghayatan (empathy)pengulangan(repitition)
5.       .mendorong saling mempercayai(encouraging mutual trust)
6.       penetapan waktu secara efektif(effective timing)
7.       menyederhanakan bahasa
8.       mendengarkan secara efektif
9.       memanfaatkan selentingan

v  POLA PIKIR KOMUNIKASI PEMERINTAHAN
Adalah proses berpikir secara logis,analitis,rasional, dan komprehensif. Proses berpikir sebagai dasar komunikasi pemerintahan:


1.       sender;
2.       message;
3.       receiver;
4.       noise;
5.       encoder;
6.       decorde;
7.       process;
8.       network
9.       .interdependent;
10.    relationship;
11.    environment

  1. POLITIK KOMUNIKASI PEMERINTAHAN YG EFEKTIF


1.       cosistency,mencerminkan keteguhan dan kepastian dlm mewujudkan tujuan pemerintahan
2.       claryteness,sikap transparan dlm melaksanakan tugas, jelas tujuannya,caranya,mampu beradaptasi,memahami keinginan aparatur,privat dan masyarakat dan kultur masyarakat
3.       correctness,sikap jernih dan teliti
4.       completness,sikap komprehensif dan holistik dlm melihat satu hal,kegiatan,peristiwa


4 komentar: